KMM STKS BANDUNG

Syiar dan Media Dakwah Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung

Let’s to be an ENTREPRENEUR August 28, 2010

Filed under: Motivasi,Suara Pemuda Islam — kmmstks @ 1:26 pm
Tags: , ,

Bismillah …

Assalamualaikum waromatullahi wabarokatuh …

Sobat-sobat_ku sekalian, pa kabarnya nih ??? Moga loe-loe semua pada bae-bae ja ya!! Tulisan ini sengaja dibuat toek kallian semua, khususnya sobat-sobat yang memiliki status IB (Ijin Belajar), loch ko hanya IB sih ??ya boleh lah buat TB juga, Moga dapat membuka paradigma berfikir sobat-sobat sekalian, ups!!! Ingat PARADIGMA sanes PAraBOla … he..he..he

Do you ever think??? Lulus kuliah nanti kerja dimana yah??? atau mungkin ada yang setelah nyusun KIA lantas langsung KUA, hehe itu sih Up To You … Bagi nyang TB mungkin g akan ambil pusing karena Mereka akan kembali ke tempat asalnya mereka bekerja, nah kita bagi nyang IB (wallahu a’lam).

Teman-teman sekalian menurut pengamatan nyang udah di amati, nga sedikit para lulusan sarjana, khususnya di kampus kita ini yang menjadi PENGACARA .. wuih keren yah!!! Ups!!!… jgn salah maksudnya Pengangguran Banyak Acara (wah..wah..apa kita mau menjadi seperti itu??) jawabnya pasti nga kan…

Di sini saya hanya ingin mengajak teman-teman khususnya barudak-barudak IB agar mencoba untuk berwirausaha atau kata kerennya ber ENTREPRENEUR. Karena apa ??? APA KITA G MALU tiap bulan kita harus minta subsidi dari orangtua kita ??? belum lagi adik-adik kita yg msh kecil (bagi yg memiliki). Saya pernah membaca sebuah buku yg berjudul ”Agar Bekerja Menuai Berkah”, di dalam buku tersebut dijelaskan bahwa katanya seseorang yg telah berusia BALIGH (dewasa) itu sudah wajib untuk membiayai hidupnya, keluarganya, serta orang-orang yang berada dibawah tanggungannya. Menurut Imam Qurthubiy dan Imam Syafi’iy ”Laki-laki yg sudah dewasa (akli baligh) harus menafkahi dirinya sendiri. oRang tua tidak wajib memberikan nafkah kepada anak laki-laki yg sudah mencapai akil baligh”.

Ada seorang sahabat nyang bertanya (waduh kang bule!!! Dengan cara apa ?? Kan saya belum lulus kuliah ??) nga harus nunggu lulus kalie !!!, kan bisa dengan berbisnis, lo khan saya g punya bakat dalam berbisnis ?? Kata siapa bisnis itu harus kudu punya bakat. Bisnis itu tidak perlu punya bakat. Ada sbuah ungkapan Tidak ada orang yang hebat atau berbakat, yang ada hanya terlatih atau tidak terlatih (Andri Maadsa). So!!! Jika kita mau berkatih InsyaAllah pasti bisa…Tapi ada yg mengatakan yaitu Bapak Khoerussalim pengusaha Country Donuts, kalo ternyata manusia memang punya bakat sebagai penjual loh!! Ah masa?? G percaya?? Ingat waktu kita bayi ?? atau kalo g ingt lihat adik kita saja ketika baru lahir,,ketika bayi menangis, ini merupakan upaya si bayi untuk memperoleh perhatian ibunya,agar ia memperoleh rezekinya yaitu ASI.

Mungkin sobat – sobat sekalian ada nyang berpikir ya ?? kenapa harus berbisnis ?? mank g da nyang lain solusinya ?? yg lebih mahal banyak (ups!!! afwan ini bukan solusinya). Sobat-sobat lupa yah kalo nabi kita yang mulia Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berbisnis (berdagang) karena dengan berbisnis dapat menumbuhkan sikap kemandirian dan kesejahteraan. Beliau bersabda (”Berdaganglah kamu, sebab dari sepuluh bagian penghidupan, sembilan diantaranya dihasilkan dengan berdagang”).

Sbagai penutup, Ada sebuah kisah mudah-mudahan bermanfaat buat sobat-sobat sekalian, dahulu ketika zaman Rasulullah saw, ada seorang sahabat bernama Hakim bin Hisyam, ia berkata, ”Aku pernah meminta dari Rasul lalu Beliau memberiku. Kemudian aku meminta lagi, kemudian Beliau memberiku. Kemudian aku meminta lagi dan Beliau berkata seraya bersabda, ”Wahai Hakim, harta ini memang terasa segar dan manis, barang siapa yang menerima dengan wajar dan hati yg tulus, maka akan memperoleh berkah darinya. Tapi barang siapa yang menerima-nya dengan hati yang rakus dan sangat mengharap maka tidak akan mendapatkan berkah darinya sedangkan ia seperti makan tapi tidak merasa kenyang. Ketahuilah tangan di atas adalah lebih utama daripada tangan di bawah.”

Wawan Kurniawan, SST.

azzamkurniawan@yahoo.co.id

 

3 Responses to “Let’s to be an ENTREPRENEUR”

  1. adit KMM Says:

    kang bule….postingnya yang banyak dooong….
    jangan cuma yang ini ajaah…
    okee..
    ditunggu virus2 enterpreneurshipnya yang baru yaa…hha7

  2. Hmm… Siiip dech Artikelnya,,, I like it Kang Bule,,🙂

    Salam semangat selalu,,,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s